Berikut ini adalah tulisan seorang pulsarian yang lg galau bin bosen  gara2 libur kuliah kelamaan dan lagi g punya kerjaan(bukan pengangguran!).

Yah,slamat menikmati….
O ya,meski lg bosen,tulisan d bwh ini saya tulis secara jujur berdasarkan pengalaman pribadi,baca2 di internet,diskusi forum,en dari tabloid.tapi tetep mohon maap bila ada salah info maupun salah ketik…

My Pulsar part 1

Kelemahan Pulsar

kelebihan2 bajaj pulsar emang buanyak banget,tapi ada juga kelemahan2nya.nah,karena kelebihan2nya udah banyak di sorot. Saya pengen nulis beberapa faktor minusnya yang sering ditemui.

semoga bisa membantu…..

  1. Sektor mesin
Penggunaan teknologi DTS-I pada mesin pulsar 180 menimbulkan panas berlebihTerutama jika dipakai di dlm kota yang padat(apalagi kalo macet). seharusnya motor2 bajaj perlu dilengkapi radiator sejak DTSi digunakan.jadi yang rawan terkena demam tinggi ya generasi P180 ke bwh macem P150,Avenger, XCD,P135
         Solusi aga mhl:pasang OBS oil breather system
Yang kedua yakni lemotnya tenaga pada putaran bawah terutama dr posisi brhenti-3500 rpm. Teknologi exhaust TEC pun tidak banyak membantu di kisaran rpm itu, padahal TEC di klaim untuk mendongkrak tenaga putaran bawah.
Justru tenaga mulai menggila di 5000rpm keatas. Tapi selama jalanan mulus tanpa tanjakan,hal ini gak masalah kok. dan asiknya ini mongtor nyaman dipake kalem di 2000rpm sekalipun.gak mbrebet
Yang ketiga(menurut saya) rasio gigi 1,2,3 terutama 1 dan 2 terlalu pendek.mau ganti rasio yg agak berat bakal merepotkan plus tenaga putaran bwh akan makin lemot.dibeberapa forum,mereka mengeluhkan proses pindah gigi kasar dan sulit netral.menurut saya ini masalah feeling dan kecocokan oli aja.maklum,beda dengan motor2 jepang yang udah sering dipake.
Yang keempat(pengalaman pribadi.gak tau apa nama problemnya) adalah pas asik pindah gigi dari gigi 5 abis straight ke gigi 3 selepas tikungan,kopling mulai saya lepas dan puter gripgas,eh motor cuman bengong diiringi raungan mesin yg tiba2 udah sampe rpm tinggi.reflek lngsung tarik kopling trus naikin giginya.kopling saya lps lagi dan tetep.whaiyyah kenape neh.saya minggir berhenti, trus mulai jalan lg dr gigi 1 dan kmbali normal.mungkin ini yg sering disebut-sebut orang sbgai free giginya.
Hal ini sudah saya  alami 3x.juga problem gigi loncat ndiri dri 4 ke 5.kata mekaniknya sih bintangan(ato apalah namanya) perlu diganti tipe yang baru.slama masa garansi ini masih gratis,tapi males ke Surabaya karena  adanya cuman disana buat wil jawa timur.untungnya pulsar kluaran baru udah ngga gitu.
                 Yg terakhir(dr spengetahuan saya) adalah bunyi ngorok 
      yang muncul saat diajak     Berakselerasi.gosipnya itu
      merupakan ciri khas engine dual spark pulsar. klo gitu apa 
     Honda jazz ama city yang IDS-I juga suka ngorok 
     gitu?entahlah
 untuk solusinya saya kutip dr komen di blognya mbah dukun dg nickname “bj”:

”Untuk masalah ngorok, sudah ratusan motor P-180 dan beberapa P-200 termasuk punya gue, membuktikan, teknik potong pulser adalah solusinya.. mesin jadi alus dan tarikan jadi lebih kontan… yang gue tau cuma bengkel MJ di arteri pndk indah yang bisa melakukannya dengan ongkos cuma 30 ribu perak…”


2.sektor peranti elektronik

Yang pertama saya sorot adlh aki.jelas2 judulnya maintenance free tapi kemaren msh pake acara nambah air aki.kyknya ini tipe low maintenance deh,bukan MF.sekarang malah make aki basah merek GS gara2 gak ada stok aki OEM bajaj. pernah juga stater elektriknya g bisa,padahal kalo start motor udh bela2in pake elektrik ama engkol gantian biar aki g tekor,eh masih bisa tekor juga.terpaksa nyelah deh,tapi abis itu elktrknya udah bisa lg.mungkin si aki udah ngisi pas d pake jalan.y udah masih  dimaapin.
Kedua,indikator bensinnya suka nipu,bikin gemes.saya buktiin baru2 ni saya isi 50rebu otomatis fuel level bar hmpir penuh.eh besoknya(baru di pake sekitar 15km) lampu indicator bensin nyala,trlihat Cuma 2 kotak,pdhl 50rb dpt sktr 8liter lbh premium + bbrapa ml octane booster merek prestone. trs saya pake jalan bensinnya nambah jd 3kotak(ati blom puas), buka tangki,trlihat bensin masih menggenang tanda bnsn masih bnyak.udah itu indicator bensin mau penuh kek,mau abis kek, gak peduli. tunggu aj ampe mesin mati.tinggal puter ke posisi res,trus cari SPBU.beres.mudah2an produksi 2008 keatas udh gak kyk punya saya.kalo tetep,mending analog deh.o y,lampu panel indicator dulu juga mati-idup pas lampu depan dinyalain.tapi gak tau knapa skrg udh ngga.
Ketiga,fitur self canceling turn light kadang2 malah bikin repot.kadang pas kita blom belok eh si lampu dah mati,pas kita udah belok kdng lmpu mlah msh idup.walah makin repot.bayangin kalo kita mau belok,udah psng sein tapi si lampu mlh memutuskan mati secara sepihak,trus kebetulan ada kendaraan laen mau nyalip,trus….bruakk.walah ribet deh.fitur ini menuntut perhatian lebih pengendara thd nyala lampu sein yg juga bisa mengakibatkan nabrak gara2 g liat jalan
Beda lg kalo kasusnya lupa nyalain/matiin lampu sein.yang salah udah jelas orangnya,makanya dituntut gak boleh lupa nyalain sebelom dan matiin sesudah belok ato ganti jalur/lajur
Tapi selama ini fitur tsb lbh bnyk mmbntu saya ( belum pernah kejadian ”bruakk”) yah smoga sistemnya lebih advance lg (alah,cuma make magnet inih)
Keempat,sebenarnya ini bukan factor minus tapi cuma kekhawatiran aja.
Pas gw buka disuatu forum disitu ada comment yang mewanti-wanti(nyuruh hati2) nyuci si pulsar.dia bilang jangan make steam/water pressure terutama di daerah seputar mesin,karbu,aki dll. jd takut dan sampe skrg gak pernah cuci motor pake steam.dan memang stelah cuci motor gocengan,nyalainnya aga susah dr biasanya,tapi masih bisa.
3. sektor lain

pertama adalah ban.ban depan punya alur kembangan yang nyeleneh. modelnya bukannya didesain buat menghalau air malah mengumpulkan air di tengah ban (kalo ujan)otomatis bikin licin.diperparah ban belakang yang punya kompon keras yg juga licin terutama buat kondisi jalan basah.padahal ban std mtr laen macem tiger juga make kompon hard(biar awet) tapi g selicin ban pulsar.solusi plg murah ya jalan yang anteng aja,jgn ngebut.jd g kuatir selip en kalo terpaksa masih nyusruk juga palingan g parah. atau pas beli minta yang make ban IRC (beberapa unit UG4 yang baru udah dipasang IRC.kalo stok ada sih)
Kedua,pada bagian yang di cat silver,catnya rawan ngelupas.seengga’nya behel udah mule ngelupas catnya.benerinnya mending di krom skalian.
Ketiga,selang karet pembungkus kabel2 di dkt laher rawan getas/sobek gara2 sering ketarik-tarik pas belok(pulsar180 produksi awal).punya saya sudah mulai retak2 gitu.solusi murah:bungkus lakban aja. Solusi mahal:ganti selang yang tipe ulir (tp kyknya mbulet).
Keempat,(dari OP edisi 40/V april 2008 hal 26)judulnya:”rawat swing arm pulsar”disitu dijelaskan jika pengendara pulsar merasa motornya geyal-geyol ato roda blk kerasa goyang,kemungkinan laher roda udah aus ato swing arm yg oblak.dijelasin pula cara mengecek dan betulinnya.yg ganjil,knapa judulnya “swing arm pulsar”.kalo bisa sampe masuk OP sih kemungkinan, banyak kasus kayak gitu menimpa pulsarian.jd perlu diwaspadai.
Kelima,(dari OP edisi 28/V januari 2008 hal 26 juga)ceritanya tentang oli pulsar yang cepat susut.arianto sasongko si pemilik motor pake oli sintetik di pulsarnya,trus tiap 500km olinya susut dan perlu tambahan sekitar 250ml.artikelnya juga dilengkapi dengan pendapat mekanik tim Suzuki KK satria FIM FDR yg blg “pake oli sintetik,oli berkurang itu wajar”,tapi kalo menurut saya, Berkurang sih berkurang, tapi ya g kyk gitu.masa’ 500km nyusutnya 250ml.mugkin ada kebocoran ato oli masuk ruang bakar. btw saya juga ngalami ini,pake jarak jauh oli lama2 susut dan memang rembes dari blok mesin sebelah kanan.

Keenam,(OP edisi 34/V feb 2008 hal 26 lg)tutup tangki model slip on rawan disusupi air.solusi:dikasih penetran,ama selang pembuangan dr tangki dipasang yang bener.

Ketujuh,(OP 13/V sept 2007,trbukti di mtr saya) rembesan air didalam headlamp sebab kualitas sealant krng baik.solusi:jgn kluar pas ujan skalian biar g flu.
Kedelapan,bobot motor yang berat gila’.180cc 140kg?tiger yg 200cc aja 137,megapro 160cc g sekitar 120.dampaknya memang jalannya jadi anteng tapi bukan berarti tambah brt tmbh bagus.lagian di ind terutama jkt macet,sapa mau ngebut,yg penting bisa meliuk-liuk di lalin yang padat nan macet…apalagi kalo eret2 pas parkir.duh biyung…..mungkin material mesin dan rangka masih memakai logam konvensional.tapi mungkin juga motor2 jepang yang partnya dibikin tipis2,he3…biar berat tapi 140 kg msh ok  sih
Kesembilan,pemilik pulsar yg gak tau kalo masang nopol depan,platnya hrs ditekuk biar ga nyundul spatbor (termasuk saya dulu) jdnya spatbor lecet2 beradu ama nopol pas lwt lubang jln atw poldur.harusnya pihak dealer ngasih tau nih atau emg lagi lupa aja.tapi banyak lo yg spatbornya lecet2. PR bwt BAI,pegangan nopol perlu di modif agar nopol g nabrak spatbor
Kesepuluh,sekarang nih eranya maling merajalela,jadi system pengaman mutlak dibutuhkan.minimal kunci magnet kalo perlu kunci velg,cakram,maupun alarm.logikanya jika di suatu parkiran ada 5motor,tiga diantaranya sudah pake kunci magnet,yg 2 gak.kebetulan jg ada maling yg mw beroperasi.kemungkinan besar yang di pilih sang maling adalah slh satu dr 2 mtr yg tanpa kunci magnet karena mencuri mtr yg pake kunci magnet bakal sdkt lbh lama.mungkin di India maling msh jarang, hal ini juga berlaku bagi motor2 yamaha dan Kawasaki.(ah tapi sapa juga yg mau nyolong ni mongtor…dorongnya berat…harga jualnya terjun bebas …dijual cara legal aja susah laku :p ) 

Yah,problem dan kekurangannya emg lmyn banyak tapi bukan problem yg berat. motor-motor jepang pun punya beberapa problem dan kekurangan,hanya yang saya bahas disini cuman Bajaj Pulsar 180 dtsi.akan tetapi dilihat dari segala kelebihan baik fitur,teknologi,model,harga,konsumsi bbm dll kekurangan2 minor diatas seolah lenyap…terganti dengan kepuasan hati

16 juta untuk mongtor gini…value banget..apalagi yg P220 cuma 18,6juta…lewatlah itu motor2 150cc yg 20jutaan

15 responses »

  1. wan hm berkata:

    nice bike…

  2. lanangbagus berkata:

    kalo sama apache rtr kualitasnya bagusan mana?

    • ranggantengblast berkata:

      pulsar sedikit lebih berat…dan menurut saya agak susah buat belok. keiritan bbmnya cuma beda tipis.
      pulsar saya UG3 (th 2007) di diatas 7000rpm getar mesin aga keterlaluan..tp diatas 8000 getaran agak menurun,cuman memang untuk highspeed lbh susah dikendalikan apalagi kalo tiba2 butuh panic braking

      apache RTR yg baru limit rpmnya mayan tinggi
      iwanbanaran.com/2012/08/26/tvs-apache-rtr-180-limiter-tembus-11500rpm/
      power dan akselerasinya pasti oke.
      entah getarannya gimana

      • Uwa berkata:

        Kalo masalah getaran mukin terletak pada gear balancernya coba di cek, pengalaman, saya pernah bongkar sendiri PIBO dan ternyata masalah suara dan getaran ada pada Gear Balancer, tp dengan catatan komponen yang lain seperti seher, stang, kruk as, noken as masih bagus….

  3. Lyra berkata:

    Wah Bener Buanget Bro…semua bener tuh…Tanks Banget..

  4. ricky berkata:

    sya pnya P-200DTsi oli na cpt x berkurang ad solusi nya ngk ?? tlng bri info nya thank’s

  5. darmin berkata:

    Gw pny mslh dengan karet kopling nih,alternatip’a pake motor ap sob….‎​♡̷̬̩̃̊τнªηк’s♡̷̬̩̃̊. Ὶÿăªª”̮ sebelum’a

  6. Alvin berkata:

    Ane pengguna pibo ug4, mmg ni motor ckp berat 147kg malah. Tp lama2 dah biasa lincah aja melibas macetnya jakarta,he..bahkan dah box pula dibelakang. klo dah biasa body rider & motor berasa mnyatu jd feel nya dah dapet dijamin gda kendala brati bawa pulsar.

  7. agie berkata:

    mau tanya klo pulsar180 si mesin udah panas susah idupnya ya?harus nunggu dingin baru mau idup lg ,kan jd ribet klo lg buru2,itu kenapa ya?share infonya hehe

  8. afiff zulfahmi berkata:

    Numpang tanya bro…motor ane pulsar 180 cc…skrng lgi kena masalah…setiap masuk gigi 4 n tarik gas mesin ny kayak ngorok…kuat banget bunyi ny…kira2 gmna solusi ny bro???soal ny dealer pulsar di tempat ane da pada tutup semua…

  9. purry purwono berkata:

    Saya kalo mau beli kaburator 180 dimana tolong sms ke
    08179116099, tq

  10. herman berkata:

    Mungkin masih ada yg punya pulsar hihihi (cuma bikers sejati yg bisa merawatnya hahahahha), kalo bengkel ane punya rekomendasi di kedaung ciputat tangsel , mas nanda +6285945383108,
    Buat tarikan awal mendingan ganti karbu pe 28, kampas kopling ganti scorpio cuma ring pertama pake yg bekas ori nya, piston pake punya abangnya p200cc bore up dikit, bisa saingan sama sekelasnya,(mau extremi ada lg caranya tanya bengkel ane aja,, katanya bisa ngalahin nininnya si boy) gir set belakang pake punya gl pro turunin jd 41 so di gigi atas ente masih punya napas, tarikan awal kaga lemot2 bgt, klo mau cuci steam aman, dari perbatesan kabel knop pala busi ada celah dikit buat masuk air mending ente silent, dijamin kaga bakalan susah idupin,, terakhir perbaiki bahan bakar pake pertalite atau diatasnya,
    Salam tin…….tin….. dijalan

  11. Christian berkata:

    makasih sarannya bang Herman, ane jga pnya P 180 UG3 th ’07……. Salam 1 aspal…

  12. ane masih pakai p180 2009, hihihi, lancar-lancar saja sampai sekarang, jauh lebih nyaman daripada motor yg umurnya lebih muda.
    memang, hanya biker yang bisa merasakan nyaman dan mau merawatnya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s